Sabtu, 04 Oktober 2014

Hal-Hal yang paling ngga enak dalam percintaan.

Holla pecinta jarak. Haduh, ngerasa bersalah banget udah ngga ngepost di blog tiga bulan lebih, jadi malu, maaf ya, temen-temen pembaca, sebenernya mau ngepost blog dari minggu kemarin, jadi berhubung ini blog udah banyak sawangnya ya dibersihin dulu, dirapiin dulu, dan mulailah saya untuk menulis tentang percintaan lagi, semoga menghibur.

Ngga ada manusia di sini yang ngga mengalami cinta, apa lagi anak muda, yang notabenenya rentan galau masalah percintaan, suka sama lawan jenis aja udah galau mau diungkapin atau engga, terus liat posisinya dia udah punya pacar atau belum, dan lagi masalah kita yang udah pede belum untuk deketin dia, dan nembak untuk jadi pacarnya, semua serba ribet, tapi semua serba indah kalau kita udah dapetin dia. Ketika kita udah dapetin cinta tersebut, ada tantangan lain yaitu kita harus mempertahankannya dengan kommitmen, kepercayaan, dan saling menjaga satu sama lain. 

Cinta memang susah dijelasin artinya, karena artinya sendiri ada dalam perasaan kita. Jadi mari kita bahas hal apa aja yang bikin ngga enak dalam percintaan, mungkin kalau senangnya mah nanti kalau kita udah menemukan cinta sejati. 

  • Dijadiin pilihan ganda
Bunga deketan sama Bowo, nah Bowo juga lagi deket sama Mawar, apa yang harus dilakukan Bunga? Harus melanjutkan harapannya dengan Bowo, atau tetep mempertahan apa yang ia rasa nyaman, padahal Bunga sendiri tau kalau si Bowo deket dengan Mawar, dan Bunga sendiri ngga mau menang dari Mawar untuk dapetin si Bowo, dan dia juga ngga mau kalah dari Mawar. Karena dia sadar kalaupun dia menang dan lebih baik dari mawar, Bowo akan mencari yang terbaik lagi dari dia, bukan kah menjadi yang terbaik akan ada lagi yang terbaik dari kita?

Hampir dari kita pasti mengalami cinta segitiga, posisi yang sama sekali ngga ada enaknya, dan terus apa dong yang mesti kita lakuin kalau ada di posisi Bunga yang artinya dia ada dalam pilihan gandanya Bowo,  Lho emang enak dijadiin pilihan ganda, pilihan di antara pilihan, toh nanti malah adalah pilihan-pilihan yang lain. Daripada nanti malah merasa bersalah karena menang dari yang kalah, enaknya jaga jarak dengan Bowo, dan mundur teratur karena hati kita bukan mainan yang enak banget dipilih-pilih, dikira emang dagangan, bukan karena kalah dari Mawar, toh mengalah terkadang jalan terbaik daripada kita akan merasa bersalah terus-menerus. Dan kalaupun jodoh, dia akan mendekat dengan sendiri tanpa harus dijadikan pilihan-pilihan. 

  • Backstreet
Nah lho, apa yang mesti dilakuin kalau orang tua, kakak, atau adik dari pacar kita ngga suka dengan kita? Mau ngga mau kita pacaran kayak maling, mesti sembunyi-sembunyi, cari tempat yang aman untuk berduaan biar ngga ketauan keluarga pacar kita. Mau pacaran ke Mall? Cari masalah namanya, nanti ngga sengaja ketemu kakaknya atau mungkin temen kakaknya, malah lebih parah ketemu orang tuanya pacar, terus diomelin di tempat umum karena kegeb berduaan, hal yang kayak gini mungkin udah jarang terjadi. Tapi ya namanya backstreet mungkin masalahnya keliatan sepele, tapi kalau hubungan kamu udah mulai serius dan bener-bener mantep, apa mau sembunyi-sembunyi terus kalau mau ngedate? 

Adakalanya kita iri liat temen-temen yang relationship mereka enteng-enteng aja gitu, dengan keluarga mereka baik-baik aja, dan ngga ada masalah sedikit pun, sedangkan apa yang kita alami berbalik jauh dengan mereka, ngga enak-enak ngedate mesti senyumbunyi terus, dan ngga nyaman juga kalau mau ngedate ngga jemput dia ke rumahnya, timbul lah pertanyaan "Gue dapetin hatinya bisa, masa ngga bisa dapetin keluarganya?" Pembuktian sebagai rasa sayang harus sebesar mungkin rela berkorban, entah itu mau diusir kalau kita samperin ke rumahnya, ya namanya sayang engga ada yang namanya ngga mungkin, "Nanti juga bakal luluh kok keluarganya, toh kalau dia cuma bisa bahagia dengan gue, ini masalah serius mau mempertahankan dia atau ngga, gue serius dengan dia" Ngga lama kemudian si keluarga juga akan luluh, karena memang kalau mau serius harus dapetin hati keluarganya juga terutama orang tuanya, ibarat nangkep Ular, kita harus nangkep kepalanya dulu, setelah itu baru ke badannya. Utamain kita harus rebut hati orang tuanya baru anaknya, meskipun jaman sekarang rasanya itu terbalik. Tapi namanya cinta besar atau kecil, semuanya harus diperjuangkan. 

  • Orang ke-tiga karena jenuh. 

Ketika awal-awal pacaran, banyak banget yang berharap lebih dari sekedar pacaran, engga cuma mau mempertahankan hubungan aja, tapi niat sama-sama mau serius untuk menjalin hubungan dengan dia. Bacanya aja udah mudah, ya, tapi prakteknya itu lho. Dan selama pacaran kita ngga boleh menyakiti satu sama lain, lah emang tujuan pacaran kan untuk happy bukan sebaliknya. Dan mungkin di antara dari kita pernah ada yang jenuh dengan hubungannya, atau malah jadi orang ke-tiga korban si hubungan yang jenuh, dan di anatara ke-duanya ngga ada yang sama-sama baik. Mereka terjebak dengan situasi yang harus menyakitkan pihak pacar yang sedang jenuh, dan itu rasanya... karma yang akan menjawab hal tersebut. 

Terjebak dengan situasi pacaran yang seakan kok gitu-gitu terus, ya, dan ngga ada hal-hal yang baru, kemudian satu-sama lain ada yang mulai menghindar karena ngga tau mesti ngapain, mau udahan sayang karena pacarannya ngga sebentar dan udah bertahan selama bertahun-tahun, mau bilang jenuh takut si dia kesindir padahal apa yang ia lakukan selalu yang terbaik untuk pacarnya, dan harus ngapain? Cari sosok dia dalam tubuh orang lain, yang dalam kata lain harus selingkuh, hmmm… Mungkin dia tau resiko ‘cari orang lain’ seperti apa, dan dengan terpaksa ia lakukan karena dia ngga tau gimana lagi dengan pacar yang lama, seakan yaudah dipasrahain aja mau gimana lagi.

Alasan ngga mau putus karena hati kecil masih sayang, atau masih sayang karena sudah berkorban banyak selama relationship dengan dia,  dan satu hal lagi, dia udah berjanji engga akan ninggalin pacar yang lama cuma karena masalah jenuh. Tapi dia udah terlanjur menghadirkan orang baru dalam hubungannya, masalah yang pelik, jenuh mungkin semua percintaan akan mengalaminya, tapi selama kita bisa menhindarinya toh hubungan akan baik-baik aja kok, jangan karena pacarannya flat terus diem-menghindar-selingkuh, kalau udah ngerasa pacarannya gitu-gitu aja, ada yang salah, ya harus ketemuan dan omongin baik-baik, ambil solusinya harus gimana, enaknya ya kalau sama-sama jenuh coba travelling berdua dengan dia, nikmatin quality time dengan dia, dan ngga boleh ngehadirin masalah-masalah kemarin, intinya kamu harus happy berdua dengan dia. Jenuh? Seakan engga ada kalau rutin jalan-jalan dengan dia setiap sebulan sekali atau dua bulan sekali, silahkan dicoba. 

Jangan hadirkan orang ke-tiga karena ngerasa kamu engga bahagia dengan dia, toh dia bahagia dengan kamu kok. Kan awal pacaran sama-sama bahagia, lho kok sekarang ilang gitu aja? Padahal dia udah kasih kamu yang terbaik, dipikir lagi kalau mau putus.

  • Long Distance Relationship - Jarak Jauh.

Agak bernafas panjang dulu, ya, kalau ngomongin LDR.

Jauh-Kangen-Nunggu-Sabar-Berantem-Ketemu-Seneng. Mungkin pembaca LDR udah khatam sama rute tadi, jujur LDR emang hal yang paling engga enak dalam percintaan, engga sedikit apa yang kita korbankan untuk mempertahan orang yang sangat spesial di sana. 

Mulai dari pertama, kita harus nahan kangen dulu untuk tidak bertemu beberapa bulan dan setiap malam hanya ketemu via suara, syukur-syukur kalau dia inget buat telpon kamu, Alhamdulillahnya malah ada yang rutin tiap malem via skype meskipun harus berantem dulu sama signal, baru berantem sama pacar karena koneksi internet yang labil. Yang ke dua perbanyakin sabar dan  doa biar dia engga macem-macem di sana, puncak rindu yang paling dalam adalah ketika dua sejoli sedang berdoa agar hubungan mereka baik-baik saja, dan doa adalah cara mereka agar tetap saling berpelukan. Kenapa LDR butuh banyak sabar? Sederhananya ketika kamu engga bertemu dengan dia dalam jangka waktu yang lama, apa yang kamu lakuin kalau bukan harus bersabar, kalau ngga mau bersabar ya jangan LDR-an, cari pacar yang deket aja, resiko kalau pacar jauh harus bersabar menunggu untuk bertemu, toh nanti kalau ketemu terbalas pengorbanan dan perjuangan kamu selama menunggu dia, bahagianya engga bisa diungkapin dengan kata-kata, dan yang engga LDR-an ngga akan ngerti gimana senangnya bertemu setelah lama engga liat mukannya, senyumnya, malah kalau mau ketemuan jadinya canggung, rasanya kayak baru bertama kali ketemu dia. 

Dan yang ketiga, percaya, komitemen, dan komunikasi ketiganya saling bersangkutan, kalau ngga ada percaya mau segede apa komitmen dan serutin apa komunikasi yang kita lakuin seakan percuma aja, karena dia sepenuhnya ngga percaya kalau kamu jaga hati untuk dia. Percaya udah, komunikasi udah, tapi ngga punya komitmen, ya sama aja dong, selama LDR-an kalau ngga ada komitmen satu sama lain, nanti malah dia ngegampangin hubungan yang udah berat dijalani, kommitmen itu untuk mengikat satu sama lain, dalam arti kalau hubungannya udah serius, ngga ada lagi main-main, apalagi main hati, LDR itu identik dengan pacaran yang serius lho. Komitmen siap, percaya juga udah siap, tapi komunikasi malah ngga lancar, gimana mau percaya kalau mau ngabarin aja udah jarang, malah yang ada bikin dia khawatir, enteng sih karena sudah ada kommitmen anggapannya “Gampang lah ngabarin dia, kan dia juga sadar kalau kita LDR-an serius, dia pasti percaya kok” sekali-duakali beranggapan seperti itu oke-oke aja, tapi kalau ini udah terlalu sering ngga ngabarin dia, hati-hati aja nanti malah ada yang ngabarin dan itu bukan kamu, jatuhnya orang lain yang ngabarin ke-dia, dan dia menemukan sosok kamu pada orang lain, semudah itu meremehkan komunikasi dan bikin hubungan jadi diambang-ambang putus. Minimal kalau kamu ada dimana, dan lagi ngapain bisa lah ya kabarin dia, biar dia ngga mikir yang macem-macem tentang kamu, kalau bisa ya kirim photo biar dia makin percaya, bukan masalah protectif-nya tapi masalah kenyaman satu sama lain dan dia juga akan berfikir kalau kamu masih menganggap “Dia harus tau gue lagi ngapain dan dimana”.

***
Dan mungkin banyak hal lainnya yang bikin engga enak dalam percintaan, dalam sisi besar dan banyak yang orang alami mungkin di atas tadi, tapi kalau masalah percintaan rasanya engga ada yang ngga enak, toh demi apa yang kita sayang kita rela berkorban dan harus perjuangkan, agar kita baik-baik aja ke depannya.

Masalah engga enak dalam percintaan pasti akan ada solusinya, perjalanan lah yang mengajarkan semuanya, pahit, asam, dan akan berujung manis setelah apa yang kita usahakan. Bisa dishare lho apa aja yang engga enak dalam percintaan sesuai dengan pengalaman kamu di tab komentar, monggo.


Notes: Dikomentarin, ya. Semoga yang engga enak dalam percintaan bisa keluar solusinya.

7 komentar:

  1. saya mau nanya nih min, kn tadi mimin bilang kalau perkara jenuh pasti lari k org ketiga dan cara ngatasinya jalan2 sma pacar sbulan skalu gitu kan.
    nah, gmna kalau yg kayak saya gtu, yg ketemunya setahun skali krn ldr medan-jakarta. gmna solusiny min ngatasi jenuh dan gk kecantol sma org ktiga :(

    BalasHapus
  2. Kan di poin jarak jauh udah ada bersabar menunggu, kalau jenuh coba inget-inget lagi momen ketemuan dan apa yang kamu korbanin untuk dia, dan dia juga sama. Jenuh diatasin ngga cuma ketemuan kok, bersabar dan saling dewasa aja kalau kita berdua saling menunggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya min, akan tetep bersabar kok min
      Walopun byk bgt godaan ldr ini, yg pling brat adl godaan dri org ketiga.

      Dia cuti kerja dan bisa plg k medan bln februari ini min, msi lama sih :'( tpi hrs ttp sabar dan semangat ! Krn gk ada pertemuan yg seindah ketika pertemuan itu mmg sudah lama dinanti dan butuh bnyk pengorbanan. Ya, pertemuan di bandara Kualanamu februari nantinya :')
      mkasi min, jd mkin semangat ��

      Hapus
  3. Min aku dan dia udah LDR lebih dr 2 thn. Banyak pengorbananku buat hub ini. Tp aku kadang mikir percuma, karna ga ngejamin dia bakal jadi suamiku nanti.. kasih wejangan aku dong mimin sayang. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Min tadi ada poin komitmen, percaya, komunikasi. Saya LDR jakarta-lautan entah dimana dia berada.
    Yg pertama komitmen, Saya dan dia ga ada komitmen jelas. Dia gak mau memaksakan hubungan. Dia bilang "kalau udh ngga kuat bilang lewat apapun, jgn dipaksa, toh kalo jodoh ngga kemana" dia lbh let it flow jalanin ini seperti pasrah sm keadaan.
    Yg kedua komunikasi, saya dan dia sangat jarang komunikasi. Sangat sulit min. Kadang lebih dari seminggu kita tanpa komunikasi apapun. Entah kapan bisa komunikasi. Saya cm nunggu kabar dr dia setiap harinya.
    Hub saya tanpa komitmen, tanpa komunikasi. Apa hub ldr ini akan bertahan lama? Apa dia bener serius sm saya? Apa yg hrs saya lakuin? Mohon balasannya min :)

    BalasHapus
  5. Slmt mlm min, saya mau bertnya min, kalau ldran terus dia tanpa kabar selama seminggu dan ngilang gitu aja, itu emang udahan digantung, atau sabar aja nunggu kabar dri dia . Kadang kalau ngerasa mau udahan suka mkir lagi dari cara dia, dia itu care bgt , tapi knpa tiba2 dia ngilang gitu aja, mhon bgt balasan nya min:(

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*